Selasa, 13 November 2012

Curahan Hati

...
Untuk Theera, sahabatku di masa lalu.
Ti, ada banyak hal yang mesti kita tuntaskan...

...
Aku dan Ti bersahabat secara tidak sengaja. Kami sama-sama duduk di kelas persiapan di sebuah bimbel kecil. Waktu itu aku menggebu ingin masuk SMA favorit, dan mulai mencuri start ikut les pada bulan kedua kelas tiga SMP.

Ti sangat baik dan lembut hati. Aku senang ngobrol dengannya, karena ia selalu tertawa tiap kali aku menceritakan kejadian-kejadian seru di sekolahku.

Matanya yang lebar sebentar-sebentar terbelalak, menatapku dengan antusias. "Seru...seru...terus gimana ?", katanya berulang-ulang.

Suatu kali aku sedang tidak mood. Berangkat les dengan hati dongkol karena kena omelan ibuk. Beliau marah besar ketika menemukan 'surat cinta nyasar' di dalam tas sekolahku.

 Namanya juga nyasar, jadi ya aku tidak tahu menahu darimana asalnya surat cinta hijau muda itu.

Seperti tidak menyadari kalau aku lagi manyun, Ti mencolek bahuku sambil nyengir, "Ada kejadian seru apalagi hari ini ?"

"Mboh !", bentakku.

"Alaaa akting...," Ti tertawa ngikik.

Sepanjang pelajaran sore itu aku tidak bisa konsentrasi. Lalu tanpa permisi aku pindah duduk ke deretan terdepan yang kebetulan kosong, persis di depan whiteboard.

 Ti melongo... Sampai les berakhir aku tidak berkata sepatahpun, tidak pada siapapun, termasuk pada Ti.

Untuk hal sepele tapi menyakitkan Ti itu, aku tidak pernah meminta maaf. Dan sekarang aku sangat menyesal.

...
Kali lain, aku meminta Ti menemaniku membeli minuman dingin di sebuah toko tak jauh dari tempat les.

Ti nampak enggan. Ia bilang sedang sakit perut dan malas berjalan sejauh itu. Setelah tidak mempan merayu, akhirnya aku gelitikin pinggangnya habis-habisan.

Ti menyerah. Ia mengekor di belakangku sambil ngomel. Kalau ingat kejadian itu (lagi-lagi) aku merasa sangat menyesal. Ah Ti...aku juga tidak meminta maaf untuk hal ini ya?

...
Theera pindah ke Nabire pada semester berikutnya. Ayahnya yang seorang misionaris dipindahtugaskan ke sana.

Aku tidak berhasil mendapatkan sahabat pengganti Ti sejak kepergiannya, dan aku menjadi malas berangkat les.

...

"Theera, dimanapun saat ini kau berada, kalau engkau dapat membaca pesanku ini tolong kontak aku secepatnya ya. Aku ingin meminta maaf sekaligus meluruskan kesalahpahaman yang pernah terjadi diantara kita."



---




Tidak ada komentar: